Strategi Perusahaan Sido Muncul dalam Pengembangan Kegiatan Corporate Social Responsibility

Kilau Riksaning Ayu, Bambang Supartoko

Abstract


Tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan aspek yang penting pada sebuah organisasi. Tipe CSR philanthropy yang populer, kini telah berganti menjadi konsep community development. Pentingnya kegiatan CSR community development telah didukung melalui regulasi, program pemerintah seperti penghargaan Proper, dan secara global tertuang dalam ISO 26000. Berangkat dari perkembangkan paradigma kegiatan CSR community development, peneliti melakukan studi terkait strategi perusahaan Sido Muncul dalam pengembangan kegiatan CSR. Pemilihan Sido Muncul didasari dari konsistensi dalam kegiatan CSR yang terwujud dengan keikutsertaan program Proper dan berhasil mendapatkan penghargaan Proper Hijau. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis data model interaktif yang dikembangkan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Mendukung konsep community development, Sido Muncul melakukan kegiatan CSR seperti, Desa Wisata Buah, Desa Rempah, dan Desa Inspirasi Padi; (2) Konsep dialog adalah strategi komunikasi untuk merumuskan kegiatan CSR yang terintegrasi dengan perusahaan dan masyarakat sasaran; (3) Sistem manajemen Sido Muncul berdasarkan ISO menjelaskan pelaksanaan kegiatan CSR di bawah unit humas dengan sub bagian community development untuk menangani kegiatan CSR berkelanjutan.


Full Text:

PDF

References


Ayuning, Aminah, & Setiawati, T. W. (2016). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Oleh Perusahaan Jamu PT Sido Muncul Semarang. Diponegoro Law Journal, 5, 1–12.

Birim, B. (2016). Evaluation of Corporate Social Responsibility and Social Media as Key Source of Strategic Communication. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 235(October), 70–75.

Castka,P., & Balzarova, M. A. (2008). ISO 26000 and supply chains — On the diffusion of the social responsibility standard. International. Journal Production Economics, 111, 274–286.

ditjenpp.kemenkumham.go.id. (2013). Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia No. 06 Tahun 2003. http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/arsip/bn/2013/bn786-2013lamp.pdf

Elkington, J. (2001). Enter the Triple Bottom Line. 1(1986), 1–16.

Erawaty, E. (2010). Persoalan Hukum Seputar Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan dalam Perundang-Undangan Ekonomi Indonesia. http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/hukum-pedata/847-persoalan-hukum-seputar-tanggung-jawab-sosial-dan-lingkungan-perseroan-dalam-perundang-undangan-ekonomi-indonesia.html

Harrison, J. S., Freeman, R. E., Harrison, J. S., & Freeman, R. E. (2015). Stakeholder Theory As an Ethical Approach to Effective Management : applying the theory to multiple contexts. 17(55), 858–869. https://doi.org/10.7819/rbgn.v17i55.2647

Hartati, A. Y. (2007). Lingkungan Hidup dan Liberalisasi Perdagangan : Upaya Mencari Jalan Tengah. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 11(Nomor 2 November), 193–208. https://journal.ugm.ac.id/jsp/article/view/10996

Hoejmose, S., Brammer, S., & Millington, A. (2014). An empirical examination of the relationship between business strategy and socially responsible supply chain management. International Journal of Operations & Production Management, April 2013, 589–611.

Hutagalung, I & Ritonga. R. (2018). Pengaruh Iklim Komunikasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Kecamatan XYZ Bekasi. Jurnal Kajian Komunikasi. 6(2), 72-84.

Kolk, A. (2016). The social responsibility of international business : From ethics and the environment to CSR and sustainable development. Journal of World Business, 51(1), 23–34.

Kriyantono, R. (2014). Teori-Teori Public Relations Perspektif Barat dan Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Kencana.

Krolokke, C., & Sorensen, A. S. (2006). Gender Communication Theories and Analyses: From Silence to Performance. Sage Publications.

Lee, M. P. (2008). A review of the theories of corporate social responsibility : Its evolutionary path and the road ahead. Management Reviews, 10(1), 53–73.

Leite, R. C. M., Padgett, R. C., Moura-leite, R. C., & Padgett, R. C. (2017). Historical Background of Corporate Social Responsibility. Social Responsibility Journal, 7, 529–539.

mediaindonesia.com. (2020, January 9). Sido Muncul kembali Raih Penghargaan Proper dari KLHK. https://mediaindonesia.com/read/detail/282393-sido-muncul-kembali-raih-penghargaan-proper-dari-klhk

menlhk.go.id. (2018, October 23). Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan. https://www.menlhk.go.id/site/post/119

Middleton, V. T. C., Fyall, A., & Morgan, M. (2009). Marketing in Travel and Tourism (4th ed.). Butterworth-Heinemann.

Moratis, L., & Cochius, T. (2017). ISO 26000: The Business Guide to the New Standard on Social Responsibility. Routledge.

Moritz, J. (2013). Encyclopedia of Corporate Social Responsibility. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-642-28036-8

Mubarok, H. M. (2015). Analisis Strategi Sido Muncul dalam Menghasilkan Energi Kehidupan. IQTISHADIA, 8(1), 111–132.

Muthuri, J. N., Moon, J., & Idemudia, U. (2012). Corporate Innovation and Sustainable Community Development in Developing Countries. Business & Society, 51(3), 355– 381.

Nayenggita, G. B., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2019). Praktik Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia. Pekerjaan Sosial, 2, 61–66.

Ningtyas, D. E. (2019). Hubungan Program CSR (Corporate Social Responsibility) Mudik Lebaran Gratis terhadap Citra Perusahaan PT . Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul. Communicare, 4 No. 2, 57–77.

Nugroho, D. R., Hubeis, A. V. S., Saleh, A., & Priatna, W. B. (2019). Model of Communication in Corporate Social Responsibility Program to Empower Communities. Mimbar: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 32(2), 254–266.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendekia.

Porter, M. E., & Kramer, M. (2006). The Link Between Competitive Advantage and Corporate Social Responsibility. Harverd Business Review, 1–13.

Rasyid, A., Saleh, A., Cangara, H., & Priatna, W. B. (2019). Komunikasi dalam CSR Perusahaan : Pemberdayaan Masyarakat dan Membangun Citra Positif. Mimbar: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 31(2), 507–518.

Sayidah, N. (2018). Metodologi Penelitian Disertai Dengan Contoh Penerapannya Dalam Penelitian. Zifatama.

Suparman. (2013). Corporate Social Responsibility : Bentuk Tanggung Jawab Sosial dengan Masyarakat. Jurnal Interaksi, II No. 2 J, 69–81.

Supriyanto, W. (2019). Strategi Komunikasi Internal PDAM Tirta Satria Mengatasi Keluhan Pelanggan. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 02(01), 48–53.

Toledano, M. (2018). Dialogue , strategic communication , and ethical public relations : Lessons from Martin Buber’s political activism. Public Relations Review, 44(1), 131–141.

Triyono, A. (2014). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Community Development Program Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga ) PT . Holcim Indonesia Tbk Pabrik Cilacap. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, Vol. VI, N, 111–120.

Valente, M. (2012). Indigenous Resource and Institutional Capital : The Role of Local Context in Embedding Sustainable Community Development. Sage:Business & Society.

Yuda, T. K. (2016). Memaknai Ulang Corporate Social Responsibility: Upaya Mewujudkan Fair Responsibility. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 19(3), 200.

Zubaedi. (2013). Pengembangan Masyarakat: Wacana dan Praktik. Kencana.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v3i01.47





Article Metrics:

Abstract Views - 58

PDF Downloads - 21



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Kilau Riksaning Ayu, Bambang Supartoko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) 
Jl. Hang Lekir I No. 8 Jakarta Selatan C/Q Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UPDM(B)

Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga, M.Si
Email                  : rajab.ritonga@dsn.moestopo.ac.id
Call/Whatsapp : +62811133471

Refbacks



Copyright (c) 2020 Kilau Riksaning Ayu, Bambang Supartoko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) 
Jl. Hang Lekir I No. 8 Jakarta Selatan C/Q Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UPDM(B)

Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga, M.Si
Email                  : rajab.ritonga@dsn.moestopo.ac.id
Call/Whatsapp : +62811133471