Komunikasi Politik Identitas K.H. Ma’ruf Amin sebagai Strategi Depolarisasi Agama pada Kontestasi Demokrasi Pilpres 2019

Saeful Mujab, Azhar Irfansyah

Abstract


Ketika Joko Widodo mengumumkan K.H Ma’ruf Amin menjadi pendampingnya sebagai calon wakil presiden pada pilpres 2019, muncul pertanyaan apakah pemimpin berusia lanjut, tradisional, dan lowprofile mampu menjawab dinamika politik yang sedang terjadi di Indonesia. Ternyata personal branding Ma’ruf Amin menjadi alasan bagi Joko Widodo untuk memilihnya. Diskusi brand ditawarkan oleh Lilleker dan Jackson serta Busby dan Cronshaw. Lilleker dan Jackson menyoroti tantangan yang ditimbulkan personal branding bagi partai-partai tradisional, sedangkan Busby dan Cronshaw mengeksplorasi kemungkinan yang terbuka untuk bentuk-bentuk baru mobilisasi politik dan branding partisipasi. Salah satu unsur penting dalam komunikasi politik adalah aktor politik. Di antara langkah aktor politik adalah personal branding. Dengan demikian, menjadi penting menguak komunikasi politik identitas Ma’ruf Amin pada kontestasi demokrasi Pilpres 2019. Dengan menggunakan metode penelitian fundamental literature riview, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mampu tidaknya komunikasi politik identitas Ma’ruf Amin menarik simpati di hadapan branding partisipasi politik 212 pada pemilihan presiden dan wakil presiden 2019. Hasil penelitian menunjukkan, personal branding Ma’ruf Amin sebagai tokoh Islam ternyata belum mampu menarik simpati di hadapan branding partisipasi politik 212 yang berbasis Islam.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. (2017). Membaca Komunikasi Politik Gerakan Aksi Bela Islam 212: Antara Politik Identitas dan Ijtihad Politik Alternatif. An-Nida: Jurnal Pemikiran Islam, 41(2), 202–212. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/4654

Ahmad, R. K. (2017). Viral, Masjid Ini Tolak Salatkan Jenazah Pembela Penista Agama. News.Detik.Com.

Alwi, D. (1990). Perkembangan Komunikasi Politik Sebagai Bidang Kajian. Jurnal Ilmu Politik, 6.

Anwar, F. A. (2018). Notes on 212 in 2018: More Politics, Less Unity. Www.Newmandala.Org.

Arya, F. (2018). Politik Identitas dalam Pemilu 2019: Proyeksi dan Efektivitas. Centre for Strategic and International Studies, (1).

Bayu, K. M. R. (2018, August). Jokowi Tunjuk Ma’ruf Amin Jadi Cawapres, Ini Prediksi Pengamat Ekonomi. Www.Liputan6.Com.

Bennett, W. L. (2012). The Personalization of Politics: Political Identity, Social Media, and Changing Patterns of Participation. Annuals of the American Academy of Political and Social Science, 644(1), 20–39. https://doi.org/10.1177/0002716212451428

Bernardez. (2007). A New Blueprint for Powerful and Authentic Personal Branding. Performance Improvement, 47(6), 34–37. https://doi.org/10.1002/pfi

Caulfield, S. (2005). The Policing of Public Spaces. (May 2018), 1–20. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780199843886.013.010

Crozier, M. (2007). Recursive Governance: Contemporary Political Communication and Public Policy. Political Communication, 24(1), 1–18. https://doi.org/10.1080/10584600601128382

Fata, M. K. (2019). Membaca Polarisasi Santri dalam Kontestasi Pilpres 2019. Pusham, 18(November 2018), 325–344.

Felicia, F. F. (2018). Kiai Ma’ruf Amin: Dulu Saya yang Menggerakkan Aksi 212. Www.Jawapos.Com.

Friedkin, N. E. (1999). Choice Shift and Group Polarization. American Sociological Review, 64(6), 856–875. https://doi.org/10.2307/2657407

Hughes, A. (2007). Personal Brands: An Exploratory Analysis of Personal Brands in Australian Political Marketing. Advertising Research, (at 309), 1114–1120.

Ira. (2017). K.H. Ma’ruf Amin Dikukuhkan Menjadi Guru Besar Ilmu Ekonomi Muamalat Syariah. Http://Sumberdaya.Ristekdikti.Go.Id.

Isfahani, A. N., Aghdaie, S. F. A., & Homaei, R. (2011). Manager ’ s Personal Brands ( MPB ): The Secret of Success or Failure. International Journal of Business and Social Science, 2(20), 281–286.

Januarius, K. F. (2018, August). Ini Alasan Jokowi Pilih Ma’ruf Amin Jadi Cawapresnya. Kompas.Com.

Johnson, K. M. (2017). The Importance of Personal Branding in Social Media: Educating Students to Create and Manage their Personal Brand. Int. J. Educ. Soc. Sci, 4(1), 7.

Katie, G. (2019). Donald Trump: Why White Evangelical Women Support Him. Theconversation.Com.

Kerr, N. L. (1992). ‘Issue Importance and Group Decision Making’, in S. Worchel, W. Wood and J. Simpson (eds.), Group Process and Productivity. In Sage Publications. Newbury Park.

Lemonjake. (2019). Kiai Ma’ruf: Pencetus Dewan Syariah Nasional dan Fatwa-Fatwanya. Www.Kompasiana.Com.

Leo, J. (2018, August). Alasan di Balik Pencalonan Ma’ruf Amin sebagai Cawapres Jokowi. Matamatapolitik.Com.

Marsh, D., & Fawcett, P. (2011). Branding, politics, and democracy. Routledge: Taylor & Francis, 32(5), 515–530. https://doi.org/10.1080/01442872.2011.586498

McGarty, C., Turner, J. C., Hogg, M. A., David, B., & Wetherell, M. S. (1992). Group Polarization as Conformity to the Prototypical Group Member. British Journal of Social Psychology, 31(1), 1–19. https://doi.org/10.1111/j.2044-8309.1992.tb00952.x

McNair, B. (2011). An Introduction to Political Communication: Sixth edition. In Routledge: Taylor & Francis (5th ed.). https://doi.org/10.4324/9781315750293

Miller, J. L., & McKerrow, R. E. (2010). History of Political Communication. Review of Communication, 10(1), 61–74. https://doi.org/10.1080/15358590903370233

Muchlishon. (2018). Di Singapura, K.H Ma’ruf Amin Sampaikan Urgensi Islam Wasathiyah. NU Online.

Muhyiddin. (2019). Kiai Ma’ruf Sebut Islam Wasathiyah Bisa Jadi Solusi. Republika.Co.Id.

Needham, C., & Smith, G. (2015). Introduction: Political Branding. Journal of Political Marketing, 14(1–2), 1–6. https://doi.org/10.1080/15377857.2014.990828

Nimmo Dan, Rakhmat, J., & Surjaman, T. (2005). Political Communication and Public Opinion in America/Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan, dan Media (6th ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rara, P. (2018, September). Ma’ruf Amin dan Arus Baru Ekonomi Indonesia. Detiknews.

Redaksi, K. (2018). Berusia 75 Tahun, Ma’ruf Amin Jadi Cawapres Tertua. Kumparan.Com.

Reuni 212: Relevansi Gerakan dan Upaya Menggenjot Suara Prabowo. (2018). Www.Bbc.Com.

Sari, E. (2016). Kebangkitan Politik Identitas Islam Pada Arena Pemilihan Gubernur Jakarta. Kritis: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, 2(2), 145–156. Retrieved from http://journal.unhas.ac.id/index.php/kritis/article/view/4164

Sonny. (2019). Nilai Strategis Kefiguran KH Ma’ruf Amin sebagai Pasangan Joko Widodo pada Pemilihan Presiden 2019. Jurnal Renaissance, 4(02), 541–550. Retrieved from http://www.ejournal-academia.org/index.php/renaissance NILAI

Syafii, M. A. (2010). Politik identitas dan Masa Depan Pluralisme Kita (I; M. Husni, ed.). Jakarta: Pusat Studi Agama dan Demokrasi (PUSAD) Yayasan Wakaf Paramadina.

Ubed, A. S. (2002). Politik Identitas Etnis: Pergulatan Tanda Tanpa Identitas (1st ed.). Magelang: Indonesiatera.

Wink. (2018). Biografi KH Ma’ruf Amin – Profil dan Biodata Lengkap Ulama Indonesia.

Zaenal, M. (2012). Senat Akademik Sepakat Anugerahkan Dr. HC kepada KH Ma’ruf Amin. BERITA UIN Online.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v3i01.46





Article Metrics:

Abstract Views - 25

PDF Downloads - 16



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Saeful Mujab, Azhar Irfansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) 
Jl. Hang Lekir I No. 8 Jakarta Selatan C/Q Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UPDM(B)

Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga, M.Si
Email                  : rajab.ritonga@dsn.moestopo.ac.id
Call/Whatsapp : +62811133471

Refbacks



Copyright (c) 2020 Saeful Mujab, Azhar Irfansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) 
Jl. Hang Lekir I No. 8 Jakarta Selatan C/Q Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UPDM(B)

Contact Person: Prof. Dr. Rajab Ritonga, M.Si
Email                  : rajab.ritonga@dsn.moestopo.ac.id
Call/Whatsapp : +62811133471