Strategi Komunikasi Internal PDAM Tirta Satria Mengatasi Keluhan Pelanggan

Wipi Supriyanto

Abstract


Penelitian ini berkaitan dengan Strategi Komunikasi Internal Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Satria di Kabupaten Banyumas dalam mengatasi keluhan pelanggannya dalam upaya perusahaan itu meningkatkan jasa pelayanan. Untuk mengatasi keluhan pelanggan diperlukan strategi yang cepat dan tepat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana komunikasi internal yang dilakukan PDAM Tirta Satria dalam penanganan keluhan pelanggan. Studi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif yakni penelitian yang menjabarkan secara terperinci, dan menggambarkan semua masalah yang terkait dengan apa yang diteliti. Dari data yang diperoleh, dapat disimpulkan, dalam rangkaian kegiatan mengatasi keluhan pelanggan, masing-masing petugas harus memahami tugas pokok dan fungsi mereka, baik dalam penangan teknis di lapangan, maupun dari segi penyebaran informasi terkait keluhan pelanggan. Diperlukan strategi komunikasi untuk lebih mengefektifkan kegiatan mengatasi keluhan pelanggan, karena memberikan penjelasan lebih rinci tentang kendala serta kesulitan yang dihadapi PDAM Tirta Satria dalam penyediakan air bersih sangat diperlukan.

Full Text:

PDF

References


Ferdyana, L. (2015). Strategi Komunikasi Internal dalam Mensosialisasikan Merger Kepada Karyawan.

FilemonWijaya. (2015). Strategi Komunikasi Internal PT X Dalam membina Employee Engagement.

Ginting. Y. (2017). Strategi Komunikasi Internal PDAM Kota Salatiga dalam Mengatasi Keluhan Pelanggan.

Silalahi, U. (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama

Wijaya. L. (2015) http://digilib.unila.ac.id/1613/

Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v2i01.27





Article Metrics:

Abstract Views - 53

PDF Downloads - 19



Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed by: 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) 
Jl. Hang Lekir I No. 8 Jakarta Selatan C/Q Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UPDM(B)

Contact Person: Dr. Rajab Ritonga, M.Si
Email                  : rajab.ritonga@dsn.moestopo.ac.id
Call/Whatsapp : +62811133471

Refbacks




Indexed by: 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) 
Jl. Hang Lekir I No. 8 Jakarta Selatan C/Q Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UPDM(B)

Contact Person: Dr. Rajab Ritonga, M.Si
Email                  : rajab.ritonga@dsn.moestopo.ac.id
Call/Whatsapp : +62811133471