Representasi Kecantikan Wanita pada Video Wardah #BeautyMovesYou–Bergerak Membawa Manfaat

Raniah Raniah, Farisha Sestri Musdalifah

Abstract


Kecantikan wanita merupakan konstruksi melalui media yang diciptakan oleh kaum hagemoni untuk mencapai keuntungan baik secara politis atau ekonomis. Konstruksi mengenai kecantikan berpengaruh besar terhadap kepercayaan ideologi kecantikan hingga menimbulkan perilaku berbelanja kosmetik untuk mencapai standar yang diciptakan pakar industri. Melalui penelitian ini representasi mengenai kecantikan wanita yang ada pada platform Youtube akan dianalisis berdasarkan teori representasi oleh Stuart Hall, menggunakan teknik analisis wacana kritis Norman Fairclough tahap sosio-kultural (makro), untuk mengetahui hubungan karakteristik wacana dengan ruang lingkup lebih luas seperti pada sistem budaya masyarakat. Penelitian ini memuat data kualitatif dengan jenis data sekunder menggunakan teknik dokementasi. Penelitian ini menunjukkan hasil akhir bahwa Wardah menampilkan misrepresentasi kecantikan wanita pada wacana yang dimuat dalam video Youtube yang diunggahnya, karena mendefinisikan kecantikan wanita sebagai nilai – nilai sosial yang merefleksikan prinsip – prinsip Wardah. Kecantikan wanita pada dasarnya merupakan sebuah mitos yang tidak dapat direpresentasikan dengan simbol – simbol tertentu, sehingga disimpulkan bahwa Wardah menggunakan konsep misrepresentasi kecantikan wanita untuk memenuhi tujuan pemasaran semata.


Full Text:

PDF

References


Burgess, J., & Green, J. (2018). Youtube: Online Video and Participatory Culture. Cambridge: Polity Press.

Eriyanto. (2015). Analisis Wacana Pengantar Teks Media. Yogyakarta: LKiS Printing Cemerlang.

Givhan, R., & Morales, H. R. (2020, January 07). The idea of beauty is always shifting. Today, it’s more inclusive than ever. Retrieved from National Geographic: https://www.nationalgeographic.com/magazine/article/beauty-today-celebrates-all-social-media-plays-a-role-feature

Hall, S. (2003). Representation: Cultural Representation and Signifying Practices. London: SAGE Publications.

Hapsari, A. B., & Sukardani, P. S. (2018). Representasi Konsep Kecantikan Perempuan Di Era Millennials Melalui Beauty Influencer Pada Media Sosial Instagram (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Akun Instagram @sarahayuh_, @abellyc, dan @rachgoddard). Commercium. 1(2).

Kemp, S. (2022, January 26). Digital 2022: Another Year of Bumper Growth. Retrieved from we are social: https://wearesocial.com/uk/blog/2022/01/digital-2022-another-year-of-bumper-growth-2/

Madrano, A. W. (2016). Face Value the Hidden Ways Beauty Shapes Women's Lives. New York: Simon & Schuster.

MarkPlus Inc; ZAP Clinic. (2021). ZAP Beauty Index 2021. Markplus.Inc.

McQuail, D. (2010). Mass Communication Theory. California: SAGE Publication Ltd.

Miller, M. (2011). Youtube for Business. Indiana: Que Publishing.

Nisa, R. R. (2019). Pengaruh Sosial Media Influencer dan Trustworthiness terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Make Over (Di Royal Plaza). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). 7(2).

Paragon Technology and Innovation. (2021, 30 Desember). MARKAZ KITA - Beauty Moves You. Retrieved from Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=HdV2nOloGf8

Permata, B. I., Prihatini, A. E., & Widiartanto. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Periklanan Youtube terhadap Loyalitas Pengguna Brand Wardah Kosmetik di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 250-257.

Saraswati, L. A. (2013). Seeing Beauty, Sensing Race in Transnational Indonesia. Honolulu: University of Hawai‘i Press.

Saraswati, N. D. (2021). Analisis Brand Identity Sebagai Variabel Intervening Pada Pengaruh Brand Ambassador terhadap Purchase Intention Pada Produk Wardah. e-Proceeding of Management : 8(5), 5582-5586.

Satria, G. D., & Junaedi, F. (2022). Representasi Kecantikan Perempuan dalam Iklan Garnier Sakura White dan Wardah White Secret. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 14(1), 116.

Setiawan, E. (2021). Kamus versi online/daring (dalam jaringan). Retrieved from Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): https://kbbi.web.id/cantik

Sulaiman, M. R. (2019, Aril 16). Sejarah Panjang Kosmetik Halal Indonesia Bersama Wardah. Retrieved from Suara.com: https://www.suara.com/lifestyle/2019/04/16/103211/sejarah-panjang-kosmetik-halal-indonesia-bersama-wardah?page=all

Top Brand Award. (2022). Top Brand Index. Retrieved from Top Brand Award: https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=wardah

Wolf, N. (2004). Mitos Kecantikan Kala Kecantikan Menindas Perempuan. Yogyakarta: Niagara.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v5i2.176





Article Metrics:

Abstract Views - 41

PDF Downloads - 12



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Raniah Raniah, Farisha Sestri Musdalifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2022 Raniah Raniah, Farisha Sestri Musdalifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :