Peran Badan Promosi Pariwisata Daerah dalam Membangun Citra Destinasi Pariwisata Maluku Tenggara

Nadia Husna Wear, Yolanda Stellarosa

Abstract


Stereotip mengenai masyarakat Indonesia Timur di kalangan masyarakat tidaklah baik. Hal tersebut dapat mempengaruhi citra dari suatu destinasi; karena dapat menimbulkan rasa takut, was-was, dan lain sebagainya. Hal ini menjadi suatu tantangan bagi Pemerintah Daerah untuk membangun citra yang positif . Salah satu upaya yang dilakukan adalah membentuk Badan Promosi Pariwisata Daerah untuk dapat melakukan kegiatan yang dapat membangun citra positif Maluku Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari BPPD Maluku Tenggara dalam membangun citra positif destinasi pariwisata. Peran Public Relations dilihat dari unsur komunikator, relationship, back up management, dan good image maker. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara dengan Direktur Eksekutif BPPD Maluku Tenggara, Kepala Dinas Pariwisata Maluku Tenggara, Konsultan Pariwisata Maluku Tenggara, dua wisatawan, serta Praktisi PR. Hasil dari penelitian ini menunjukan BPPD Maluku Tenggara menjalani perannya sesuai dengan konsep yang digunakan untuk membangun citra positif destinasi pariwisata Maluku Tenggara dengan melakukan berbagai kegiatan public relations seperti aktif di media sosial, membuat kampanye humas, dan bekerjasama dengan media. Namun terdapat beberapa hambatan namun BPPD dapat menemukan solusi untuk mengatasinya.


Full Text:

PDF

References


BPS Kabupaten Maluku Tenggara. (2020). Kabupaten Maluku Tenggara dalam Angka “Penyediaan Data untuk Perencanaan Pembangunan".

Coban, S. (2012). The effects of the image of destination on tourist satisfaction and loyality, the case of copadia. European Journal of Social Sciences, 29(2), 222–232.

Gewati, M. (2019). BI: Industri Pariwisata Jadi Sektor Paling Hasilkan Devisa.

Hutagalung, I., & Yuniartanti, E. (2018). Implementasi Personal Selling Pembentukan Citra Produk PT. XYZ. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia. 1(2), 57–64. doi: 10.25008/wartaiski.v1i02.18

Kriyantono, R. (2012). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Muliawanti, L., & Susanti, D. (2020). Digitalisasi Destinasi sebagai Strategi Pengembangan Promosi Pariwisata di Kabupaten Magelang. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia. 3(02), 135–143. doi: 10.25008/wartaiski.v3i02.53

Qu, H., Kim, L. H., & Im, H. H. (2011). A model of destination branding: Integrating the concepts of the branding and destination image. Tourism Management, 32(3), 465–476. doi: 10.1016/j.tourman.2010.03.014

Rosady, R. (2014). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo.

Sari, A. A. (2017). Dasar-dasar Public Relation. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2015). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sofia, H., & Hadi, B. S. (2019). Pariwisata diproyeksikan jadi penyumbang devisa terbesar.

Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

Ventura, B. (2018). 93% Perairan, Maluku Tenggara Miliki Potensi Besar Industri Wisata.

Wasesa, S. A., & Macnamara, J. (2010). Strategi Public Relations. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wibowo, S. F., Sazali, A., & Rivai, A. K. P. (2016). The Influence of Destination Image and Tourist Satisfaction toward Revisit Intention of Setu Babakan Betawi Cultural Village. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 7(1), 136–156. doi: https://doi.org/10.21009/JRMSI.007.1.08

Widita, A., Kusuma, Y., Husna, N., & Sagita, G. (2019). ‘The Heart of East Java’: Branding Pariwisata Humas Pemerintah Kabupaten Malang. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia. 2(02), 117–123. doi: 10.25008/wartaiski.v2i02.39




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v5i2.174





Article Metrics:

Abstract Views - 34

PDF Downloads - 17



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nadia Husna Wear, Yolanda Stellarosa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2022 Nadia Husna Wear, Yolanda Stellarosa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :