Logo Amidas Gontor sebagai Identitas Merek Produk Pondok Pesantren

Yoka Pradana, Irfan Achmad Zainuri

Abstract


Amidas Gontor adalah produk air mineral sebagai salah satu perwujudan dari Panca Jangka Pondok Modern Darussalam Gontor sebagai sumber dana untuk mendukung kemandirian Pondok Pesantren. Produk ini memiliki logo yang terdiri dari komponen yang menampilkan tanda yang identitik dengan identitas Pondok Modern Darussalam Gontor. Penelitian ini mengkaji makna yang terdapat pada logo Amidas Gontor. Tanda-tanda pada logo itu dianalisa dan dimaknai menggunakan semiotika Charles Sanders Pierce. Hasil penelitian menemukan bahwa logo Amidas Gontor terdiri dari gabungan picture dan wordmark. Picture terdiri dari empat warna yakni hijau, biru muda, biru tua dan putih serta gambar bidang setengah lingkaran dan aliran air. Wordmark terdiri dari tulisan kata amidas, Gontor, dan air mineral. Masing–masing tanda memiliki makna yang mewakili identitas produk. Logo Amidas Gontor memiliki makna sebagai identitas bahwa Amidas Gontor merupakan produk air mineral milik Pondok Modern Darussalam Gontor, produk air mineral yang diproduksi dari sumber air dari alam, selalu menjaga kebersihan produk dan menerapkan sistem kerapian dalam manajemen dengan fleksibel.  


Full Text:

PDF

References


Anwar, R.K., Hapsari, I.A., & Sinaga, D. (2018). Analisis Semiotik Charles Sanders Pierce Mengenai Logo Baru Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan 6 (2): 123–38. https://doi.org/10.24198/jkip.v6i2.15689.

Danesi, M. (2013). Semiotizing a product into a brand. Social Semiotic. 23(4), 37–41. https://doi.org/10.1080/10350330.2013.799003.

Fadilah, J. (2019). Analisis Semiotika Logo Diecast Hot Wheels Trasure Hunt. Jurnal Komunikasi 10 (2), 139–44. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i2.6178.

Fauzia, R. (2021). Analisis Semiotik pada Logo Baru Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Sahabat Keluarga. Diakom: Jurnal Media dan Komunikasi. 4(2), 119–29. https://doi.org/10.17933/diakom.v4i2.257.

Firdaus, W.M., Komariah, K., & Priyatna, C.C. (2017). Representasi Nilai Kesempurnaan, Kesatuan dan Keberanian pada Logo Baru PT . Darta Media Indonesia (Kaskus.co.od ): Studi Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce Mengenai Logo Baru PT. Darta Media Indonesia (Kaskus.co .id ) sebagai Corporate. SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 11(1), 201–30.

Handayani, F & Nuzuli, A.H. (2021). Analisis Semiotika Logo Dagadu. Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab dan Dakwah. 3(1), 58–72. https://doi.org/10.32939/ishlah.v3i1.44.

Ihsan, M. (2015). Pendidikan Karakter Belajar Ala Pesantren Gontor. Depok: Wafi Media Tama.

Kriyantono, R. (2016). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Nugroho, E. (2008). Pengenalan Teori Warna. Yogyakarta: Andi Offset.

Oswald, L.R. (2015). Creating Value: The Theory and Practice of Marketing Semiotics Research. Oxford University Press. United Kingdom: Oxford University Press. https://doi.org/10.1108/ejm-05-2016-0284.

Prasetyanto, R.D., Asto, J.S., & Soegeng, T. (2017). Studi Prinsip Desain Logo PT. Rajagrafindo Persada. Kemandha.6(1), 1–16.

Rustan, S. (2021). LOGO 2021. Jakarta: Nulis Buku Jendela Dunia.

Sijabat, S., Tiarmi, A.I, Fikri, R., Pulungan. A.R., & Hasibuan, S.H., (2021). Faktor-Faktor yang Menentukan Keberhasilan Produk melalui Desain Logo pada Produk Og Home Care. Kesatria: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer & Manajemen). 2(4), 195–99.

Sobur, A. (2013). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Stephen, W.L., Foss, K.A & Oetzel, J.G. (2017). Theories of Human Communication, Long Grave: Waveland Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Supriyono, R. (2010). Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Syafi’i, A.G. (2017). Warna dalam Islam. Jurnal An- Nida’: Jurnal Pemikiran Islam. 41(1), 62–70.

Syamsuri, S. (2020). Strategi Pengembangan Ekonomi Berdikari di Pesantren Gontor Berbasis Pengelolaan Kopontren. Al-Intaj: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah. 6(1), 37. https://doi.org/10.29300/aij.v6i1.2803.

Syauqii, R., Hafiar, H., & Sani, A. (2017). Simbol, Makna dan Konstruksi Coporate Identity melalui Logo Baru PT. Global Digital Niaga (Blibli.Com). Semiotika: Jurnal Komunikasi. 11(1), 138–62.

Wahdaniah, I., Toni, A., & Ritonga, R. (2020). Makna Logo Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 3(01), 67-74. doi:https://doi.org/10.25008/wartaiski.v3i01.57.

Wibowo, I.S.W. (2013). Semiotika Komunikasi Aplikasi Praktis bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v5i2.172





Article Metrics:

Abstract Views - 35

PDF Downloads - 14



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yoka Pradana, Irfan Achmad Zainuri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2022 Yoka Pradana, Irfan Achmad Zainuri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :