Popularitas, Kompetensi dan Perilaku sebagai Indikator Kredibilitas Influencer Ketahanan Kesehatan Masyarakat Menghadapi Pandemi Covid-19

Metha Madonna, Fikri Reza, Rina Sovianti, Dessy Amru Widyasari

Abstract


Pemanfaatan influencer dari kalangan selebriti sebagai duta perubahan perilaku dan kampanye penegakan protokol kesehatan, membuat pemerintah dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) di Indonesia dianggap tidak serius.  Aktivitas sejumlah influencer yang mengundang kontroversial seperti abai memakai masker atau malah mengadakan kerumunan, dianggap kontra produktif dan dianggap menghabiskan uang negara mengingat biaya jasa selebritis mencapai milliaran rupiah. Pemerintah sepatutnya mengevaluasi keterlibatan influencer dalam komunikasi dan penyuluhan kesehatan. Meskipun banyak negara maju memanfaatkan influencer dan dibuktikan riset cukup membantu dalam penanganan masalah kesehatan. Realitanya, terdapat kesenjangan soal dampak pemanfaatan influencer di Tanah Air dengan hasil positip yang terjadi beberapa negara lainnya seperti di Kanada. Artikel ini mengulas secara sistematis perihal influencer yang ideal dan tepat untuk dilibatkan dalam kegiatan sosialisasi dan literasi dalam membangun ketahanan kesehatan masyarakat. Pertanyaan penelitian dalam studi ini adalah: “Bagaimana mengidentifikasi seorang influencer memiliki kredibilitas dalam komunikasi kesehatan?” Tujuan penelitian ini adalah memperoleh indikator kredibilitas influencer. Teori yang digunakan adalah Teori Sosial Kognitif, sedangkan metode penelitiannya adalah systematic review. Temuan studi ini adalah popularitas, kompetensi, perilaku dan kepercayaan merupakan indikator penentu kredibilitas seorang influencer kesehatan. Temuan ini relevan dengan penelitian sebelumnya mengenai kontribusi influencer dalam upaya menekan kasus obesitas pada masyarakat di Kanada.

Full Text:

PDF

References


Abednego, F. A., Kuswoyo, C., Cen Lu, & Wijaya, G. E. (2021). Analisis Pemilihan Social Media Influencer Instagram pada Generasi Y dan Generasi Z di Bandung. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 5(1), 57-73.

Adha, S., Fahlevi, M., Rita, R., Rabiah, A. S., & Parashakti, R. D. (2020). Pengaruh Sosial Media Influencer terhadap Pengaruh Minat Kerja Antar Brand. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(1b), 127-130.

Adrianto, R. (2021). Kredibilitas Influencerdalam Membentuk Kepercayaan Konsumen terhadap Brand. Journal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 54-60. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.29313/jrmk.v1i1.117

Alam, S. (2020). Peran Influencer Sebagai Komunikasi Persuasif Untuk Pencegahan Covid-19. Jurnal Spektrum Komunikasi, 8(2), 136-148.

Anugerah, P. (2020). Kasus Anji: Kontroversi soal klaim obat Covid-19, perlukah kode etik bagi influencer? BBC News.Com. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-53644116

Arief, N. N & Ariel Saputra, M.A. (2019). Kompetensi Baru Public Relations (PR) pada Era Artificial Inteligence: Case Study Praktisi PR di Indonesia. Jurnal Sistem Cerdas, 2(1), 1-12. https://apic.id/jurnal/index.php/jsc/article/view/19/19

Bernie, M. (2021). Jokowi yang Tak Jera Gaet Influencer Selama Pandemi COVID-19. Tirto.Id. https://tirto.id/jokowi-yang-tak-jera-gaet-influencer-selama-pandemi-covid-19-f9jR

Dermawan, I. (2019). Pengenaan Pajak Penghasilan Bagi Youtuber di Indonesia. Researchgate. https://www.researchgate.net/profile/Irvan-Dermawan/publication/337085682_Pengenaan_Pajak_Penghasilan_Bagi_Youtuber_Di_Indonesia/links/5dc43258a6fdcc2d2ffb57f7/Pengenaan-Pajak

Fadhilah, O. N. (2021). Digital Influencer: Penyebab Meningkatnya Perilaku Konsumtif Masyarakat di E-Commerce pada Era Ekonomi Digital (Studi Kasus pada Aplikasi Instagram). Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (Nsafe), No.1. http://conference.um.ac.id/index.php/nsafe/article/view/1421

Fitroh et al. (2017). Pentingnya Implementasi ISO 27001 dalam Manajemen Keamanan: Sistematika Review. Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik Unversitas Muhammadiyah Jakarta. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/1916

Girsang, C. N. (2019). The Use of Micro-Influencer on Social Media as Public Relations Strategy in Digital Era. Jurnal Ilmu Komunikasi ULTIMACOMM, 12(2). https://ejournals.umn.ac.id/index.php/FIKOM/article/view/1299

Hakim, S. (2021). Raffi Ahmad digugat karena langgar protokol kesehatan usai vaksin. Antaranews.Com. https://www.antaranews.com/berita/1947944/raffi-ahmad-digugat-karena-langgar-protokol-kesehatan-usai-vaksin

Hanifawati et al., T. (2019). Popularitas Merek di Sosial Media: Analisis Pengaruh Waktu, Konten, dan Interaksi Merek. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 9. https://pdfs.semanticscholar.org/5348/551a3f5d56951187daea3d019a409ea1a854.pdf

Hariyati, R. T. S. (2010). Mengenal Systematic Review Theory dan Studi Kasus. Jurnal Keperawatan Indonesia, 13(2). http://jki.ui.ac.id/index.php/jki/article/view/242

Iswinarno, C. et al. (2020). Pemerintah Guyur Miliaran Rupiah Influencer, Pengamat: Pemborosan Anggaran. Suara.Com. https://www.suara.com/news/2020/08/21/132253/pemerintah-guyur-miliaran-rupiah-influencer-pengamat-pemborosan-anggaran?page=all

Krystyna, K. et al. (2019). Assessing general public and policy influencer support for healthy public policies to promote healthy eating at the population level in two Canadian provinces. Public Health Nutrition, 22(8). https://doi.org/10.1017/S1368980018004068

Listyaningrum, N. et al. (2021). Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Di Masa Pandemi. Jemeah Media Bina, No.15. https://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/943

Madonna et al., M. (2021). The Potential of Social Media in Strengthening Interpersonal Relations between the Legislature and Constituents During a Pandemic. Jurnal Turkish. http://repository.ubharajaya.ac.id/10737/

Mahdia, A. (2018). Pengaruh Konten Influencer Di Media Sosial Terhadap Kesejahteraan Psikologis Remaja Akhir. Jurnal Ilmiah Psikologi, No.11. file:///C:/Users/USER/Downloads/2262-5278-2-PB.pdf

Maulana, I. (2020). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 28–34. file:///C:/Users/USER/Downloads/823-1790-1-SM.pdf

Nathaniel, F. (2020). Mengapa Jokowi Undang Influencer Corona ke Istana Adalah Sia-Sia? Tirto.Id. https://tirto.id/mengapa-jokowi-undang-influencer-corona-ke-istana-adalah-sia-sia-fTc7

Noor, I. F. (2008). Pengaruh Popularitas Selebritis Sebagai Model Iklan Deterjen Rinso Dan Daia Di Televisi Terhadap Keputusan Membeli Deterjen (Studi Pada Ibu-Ibu Rumah Tangga Rt 03 Rw 01 Desa Landungsari Kecamatan DAU Kabupaten Malang) [Universitas Muhammadiyah Malang]. https://eprints.umm.ac.id/28947/

Pattiasina, M., Roring, M., & Rumawas, W. (2016). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Tabungan Negara, Tbk. Kantor Cabang Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 4(2). doi:https://doi.org/10.35797/jab.4.2.2016.12258.%p

Pattipeilohy, E. M. (2015). Citra Diri Dan Popularitas Artis. Jurnal Kajian Komunikasi, No.3. http://jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/view/7390

Permata Aulia, T. M., Arifin, N., & Mayasari, R. (2021). Perbandingan Kernel Support Vector Machine (Svm) dalam Penerapan Analisis Sentimen Vaksinisasi COVID-19. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 4(2), 139-145

Pribadi, R. B. A. (2009). Model-Model Desain Sistem Pembelajaran (Pertama). IKAPI. http://repository.ut.ac.id/9318/2/BP0009-21.pdf

Raine, K. D., Nykiforuk, C. I. J., Vu-Nguyen, K., Nieuwendyk, L. M., VanSpronsen, E., Reed, S., & Wild, T. C. (2014). Understanding key influencers’ attitudes and beliefs about healthy public policy change for obesity prevention. Obesity, 22(11). https://doi.org/10.1002/oby.20860

Riama, C. O. (2021). Peran influencer dalam proses electronic word of mouth untuk meningkatkan persepsi merek. Jurnal Manajemen Komunikasi.5(2). 156-175.. https://jurnal.unpad.ac.id/manajemen-komunikasi/article/view/27628

Rofiq, A. (2007). Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce. Thesis Universitas Brawijaya, Malang.

Suharyat, Y. (2009). Hubungan Antara Sikap, Minat, Latihan dan Kepemimpinan. Jurnal Region. 1(2).

Sutomo, A. (2016). Kesehatan Masyarakat Indonesia Berbasis Ketahanan Nasional. Jurnal Ketahanan Nasional, 16(2), 1-8. /*doi:http://dx.doi.org/10.22146/jkn.22354*/ doi:https://doi.org/10.22146/jkn.22354

Taher, A. P. (2021). Raffi Ahmad Melanggar Prokes, Istana: Kami Sudah Menasihati. Tirto.Id. https://tirto.id/raffi-ahmad-melanggar-prokes-istana-kami-sudah-menasihati-f9cv

Wahyuni, S. N. & Damayanti, D. (2019). Digital Branding Menggunakan Instagram Follower. INFOS Journal, 1(4), 31-35.

Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis dalam Menjawab Problem Pembelajaran di Mi). Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 94-111.

Zuhri, A. (2020). Instagram, Pandemi dan Peran Influencer (Analisis Wacana Kritis pada Postingan Akun Instagram @najwashihab dan @jrxsid). Academic Journal of Da’wa and Communication, 1(2), 351-382.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v5i1.147





Article Metrics:

Abstract Views - 297

PDF Downloads - 144



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Metha Madonna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2022 Metha Madonna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :