Konvergensi Konten Majalah Popular dalam Industri Digital Media Cetak

Citra Eka Putri, Radja Erland Hamzah

Abstract


Perkembangan tekonologi komunikasi saat ini yang bertumbuh pesat, berpengaruh pada industri media cetak. Sejumlah media cetak di Indonesia mulai tutup karena tidak mampu bersaing dengan media digital lainnya, sehingga pengelola media cetak melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan eksistensi medianya dengan melakukan convergensi, dan menyiapkan media berbasis digital, salah satunya Majalah pria dewasa “Popular”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh majalah Popular dalam mempertahankan hidupnya sebagai jawaban atas perkembangan tekhnologi industri informasi media. Hasil penelitian ini menunjukkan, majalah Popular menempuh model konvergensi Content dan tampil di berbagai platform sosial dengan satu tujuan: mempertahakan eksistensi keberadaan majalah Populer dalam industri Media Massa.


Full Text:

PDF

References


August, E Grant dan JS. Wilkinson. (2009). Understanding Media Convergence: The State of the Field. New York: Oxford University Press.

Cresswell, J.W. (2009). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif and Mixed. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Flew, Terry. (2002). New Media: An Introduction. Melbourne: Oxford University Press.

Jenkins, Henry. 2006. Convergence Culture, Where Old and New Media Collide. New York: New York University Press.

Katadata.co.id, upload 7 Desember 2017.

Nainggolan, Bestian. (2017). Market Typology, Concentration, and Competition of National Media Conglomerate in Indonesia. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia. Vol 2(1): 27-32

Nazir, Muhammad. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia.

Ritonga, Rajab, Endah Murwani, dan Syafruddin Ritonga. (2017). Gender Awareness of Maria Hartiningsih as Daily Kompas Reporter. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, Vol 2(2): 82-91.

Ritonga, Rajab. (2007). Reposisi Ekonomi Politik Kantor Berita di Era Konvergensi Media: Studi Komodifikasi Informasi di Newsroom Kantor Berita Nasional dan Kantor Berita Internasional. Disertasi. Universitas Indonesia.

Fidler, Roger. (2003). Mediamorfosis. Yogyakarta: Bentang.

Sutopo, HB. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian, Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v1i02.14





Article Metrics:

Abstract Views - 251

PDF Downloads - 97



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Warta ISKI







Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : Mulyono Sri Hutomo, M.Ikom
Email : m.hutomo@gmail.com
Call/Whatsapp : +6289684159406


Refbacks



Copyright (c) 2018 Warta ISKI







Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : Mulyono Sri Hutomo, M.Ikom
Email : m.hutomo@gmail.com
Call/Whatsapp : +6289684159406