Dampak Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Learning Outcome Program Studi Ilmu Komunikasi

Husen Mony, Hayu Lusianawati, Aska Leonardi

Abstract


Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah terkait dengan kesesuaian antara tujuan dari program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) dengan leaning outcome (LO). Ada empat kompetensi lulusan program studi S-1 Ilmu Komunikasi: aspek sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus. Tujuan penelitian ini adalah: (1) memahami ekses implementasi kebijakan MBKM pada LO prodi S-1 Ilmu Komunikasi; (2) memahami pandangan dosen terkait kebijakan MBKM. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data melalui FGD dengan menghadirkan Sembilan dosen tetap prodi sebagai narasumber. Analisis data menggunakan pendekatan Creswell berupa enam tahap analisis. Temuan penelitian: Program MBKM mendukung learning outcme Prodi, jika diimplementasikan secara tepat. Dari aspek sikap, pada proyek kemanusiaan, mahasiswa dididik berempati dan peka atas realitas sosial melalui kegiatan-kegiatan sosial. Melalui program pertukaran pelajar-mahasiswa dapat memperoleh ilmu, sesuai Prodi atau di luar Prodi-nya. Program riset dan magang juga memperkaya pengetahuan mahasiswa tentang permasalahan sosial. Keterampilan umum dapat diperoleh mahasiswa dari magang industri serta praktek kerja di bidang jurnalistik, humas, dan komunikasi pemasaran. Program magang juga dapat meningkatkan keterampilan seperti fotografi, kameramen, membuat press release, copywriting, digital PR, dan lainnya. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) program MBKM memiliki dampak yang baik dalam mendukung terwujudnya learning aoutcome Prodi; (2) Dosen Prodi Ilmu Komunikasi mendukung penerapan MBKM namun mereka belum memahami posisi dan peran mereka karena minimnya informasi yang diterima terkait kebijakan ini.


Full Text:

PDF

References


Bungin, B. (2007). Analisis Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: Radja Grafindo Perkasa.

Dirjen Dikti, Kemendikbud RI. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka.

Fadli, R.V. (2020). Tinjauan Filsafat Humanisme: Studi Pemikiran Paule Freire dalam Pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2).

Junaidi, A. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar–Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. (2020). Tujuan Kebijakan Merdeka Belajar. Kemdikbud.go.id. https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/about/tujuan.

Manggeng, M. (2005). Pendidikan yang Membebaskan Menurut Paulo Freire dan Relevansinya untuk Konteks Indonesia. INTIM, Jurnal Teknologi Kontekstual. 8.

Nanggala, A & Suryadi, K. (2021), Kampus Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Paulo Freire serta Perdebatan Pemikiran Aliran Filsafat Pendidikan John Dewey Vs Robert M. Hutchins. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(2).

Sudrajat, A & Hambali, R.A. (2021). Analisis Filsafat Paulo Freire Terhadap Sistem Pendidikan Indonesia. Jurnal Perspektif, 5(1).

Sugiyono & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Ilmiah Internasional. Bandung: CV. Alfabeta.

Sopiyansah, M & Zakia (2022). Konsep dan Implementasi MBKM. Jurnal Reslaj UIN Sunan Gunung Jati Bandung.

Yin, Robert K. (2002). Case Study Research: Design and Methods (Third edition). London, New Delhi: Sage Publication.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v4i2.135





Article Metrics:

Abstract Views - 583

PDF Downloads - 425



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 hayu lusiana wati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2021 hayu lusiana wati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :