Penggunaan Media Online untuk Meningkatkan Fundraising Sedekah di Makassar

Ani Purwantini, Muh. Akbar, Muh. Iqbal Sultan

Abstract


Kehadiran lembaga Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) bisa membantu beban pemerintah mengurangi angka kemiskinan. Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus ini mendeskripsikan strategi komunikasi PPPA Daarul Qur’an Makassar dalam meningkatkan fundraising sedekah. Teori yang digunakan adalah komunikasi persuasif dan teori pemasaran sosial. PPPA Daarul Qur’an meggunakan media online untuk menyebar infomasi dan sosialisasi program unggulan melalui Instagram, facebook, whatsapp dan sedekahonline.com. Temuan penelitian adalah, strategi Daarul Qur’an Makassar menggunakan beberapa tahapan untuk menyebarluaskan keberadaan Daarul Qur’an Makassar dan program yang dijalankannya. Daarul Qur’an Makassar memberi edukasi kepada khalayak melalui video ceramah, kata motivasi, atau do’a tentang sedekah, serta mengangkat cerita atau testimoni dari donatur mengenai dahsyatnya sedekah. Selanjutnya, Daarul Qur’an Makassar memberikan laporan secara transparan tentang penggunaan dana donatur.


Full Text:

PDF

References


Afandi, Ranny & Tim Stiletto Book (2019). How To Win Instagram (Cet ke-1). Yogyakarta: Stilletto Book.

Afriani, Fenny, Rahayu Agnes P, & Agustinigrum Henny (2017). Hierarki Efek Model pada Tayangan Iklan Youtube, 2(2). http://dx.doi.org/10.33376/ik.v2i2.33

Arifin, M. (2004). Psikologi Dakwah Suatu Pengantar Studi (ed.1). Jakarta: Bumi Aksara.

Amrihani, H. (2021). Retorika Deliberative: Komunikasi Marah Marah Pejabat di Ruang Publik. Jurnal Pewarta Indonesia, 3(2), 124-131. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v3i2.87

Ambarsari, Dewi (2017). 99 Sedekah Kreatif. Jakarta: Gramedia.

Baran,S.J dan Davis, D.K (2015). Teori Komunikasi Massa (ed.5). Buku ke-2. (terjemahan). Jakarta: Salemba Humanika.

Cahyono, A. (2018). Strategi komunikasi lembaga amil zakat nurul fikri zakat center dalam upaya penghimpun dana umat di Kalimantan Tengah, 4(1). http://dx.doi.org/10.31602/alsh.v4i1.1457

Cangara, H. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi, Depok: Rajawali Pers.

Cangara, H. (2017). Perencanaan dan Strategi Komunikasi, Depok: Grafindo Persada.

Daryanto (2014). Teori Komunikasi (Cet.1). Malang: Gunung Samudera

Departemen Agama RI (2009). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Sygma.

DF, Fajar Nur’aini (2016). Teknik Analisis SWOT.

Febriani, Nufian S & Wayan Weda Asmara Dewi (2018), Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu, Malang: UB Press.

Febrianta, M.I.,(2020). Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat. Malang: Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang

Ganiem, LeM & Eddy Kurnia. (2019). Komunikasi Korporat (Konteks Teoretis dan Praktis (cet.1). Jakarta: Kencana.

Ghofur, A. (2018). Tiga Kunci Fundraising (Sukses Membangun Lembaga Nirlaba). Jakarta: Gramedia Pustaka.

Hadi, D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Doktorandus Koffie dalam Menarik Minat Konsumen Penikmat Kopi. Jurnal Pewarta Indonesia, 2(2), 85-89. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v2i2.50

Hajar, I. 2019. Manajemen Strategik- Konsep Keunggulan Bersaing, Yogyakarta: Andi

Hapsari, P. (2019). Akun Instagram @Nurhadi_Aldo: Kritik Fenomena Sosial. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(1), 43-47. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v1i1.5

Hariyanto, Eri & Desak, K.C (2019). Komunikasi Publik di Era Industri 4.0. Surabaya: Julian Buku.

Herman (2017). Strategi Komunikasi Pengelolaan Zakat, Infak, dan Sedekah (LAZ) Melalui Media Sosial,1(2). https://doi.org/10.15575/cjik.v1i2.4833

Mahyuddin (2019). Sosiologi Komunikasi: Dinamika Relasi Sosial di dalam Era Virtualitas, Makassar: Shofia.

Masruuroh, Lina (2020). Komunikasi Persuasif dalam Konteks Dakwah Konteks Indonesia. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Musacarlos, P., & Hartanti, L. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Novel Dilan: Dia adalah Dilanku tahun 1990. Jurnal Pewarta Indonesia, 2(1), 33-40. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v2i1.29

Nelliyana & Safwan (2020). Media Sosial Sebagai Strategi Komunikasi Pengelolaan Zakat (Studi Kasus di Baitul Mal Kab. Pidie), Jurnal Unigha, 2(3). http://journal.unigha.ac.id/index.php/JRR/article/view/245

Oktarina, Y., Abdullah, Y (2017). Komunikasi dalam Perspektif Teori dan Praktik. Sleman: Budi Utama.

PPPA Daarul Qur’an (2015). Profil Lembaga. Jakarta: Yayasan Daarul Qur’an Nusantara (pppa.or.id)

PPPA Daarul Qur’an (2017). Dahsyatnya Sedekah 3. Depok: WHBS.

Prasetyo, B. D. (2018). Komunikasi Pemasaran Terpadu (Pendekatan Tradisonal Hingga Era Media Baru). Malang: UB Press.

Prisgunanto, I (2017). Aplikasi Teori dalam Sistem Komunikasi di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Purwanto, D. (2006). Komunikasi Bisnis, Jakarta: Erlangga.

Retnowati, W.I, (2007). Hapus Gelisah dengan Sedekah. Jakarta Selatan: Qultum Media.

Ronald D.S. (2002). Strategic Planning for Public Relations, Lawrence Erlbaum Associates: USA.

Rustan, A.S, Nurhakki, H. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: CV.Budi Utama

Sani, A. (2010), Jurus Menghimpun Fulus (Manajemen Zakat Berbasis Masjid). Jakarta: Gramedia Pustaka.

Setiawan, J & Albi, A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Shimp, T.A. (2003). Periklanan Promosi (Komunikaso Pemasaran Terpadu). Jakarta: Erlangga

Sugiyono, (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Suprapto, T. (2009). Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: Medpress.

Syarbini, A., (2012). Sedekah Mahabisnis dengan Allah: Berkeuntungan 700 Kali Lipat Secara Cepat. Jakarta Selatan: QultumMedia.

Umar, H., (2008). Strategic Management in Action. Jakarta: Gramedia

Wibowo, A., Satiri, S., Ruliana, P., & Yulianto, K. (2021). Komunikasi Word of Mouth sebagai Penentu Keputusan Membeli Produk. Jurnal Pewarta Indonesia, 3(2), 86-94. doi:https://doi.org/10.25008/jpi.v3i2.84

West, R.T, Lynn H. 2009 Pengantar Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Witjaksono, B. (2019). Fundraising Wakaf Uang Melalui Perbankan Syariah. Jakarta Selatan: Loka Media.

Yunus, E (2016). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v4i2.129





Article Metrics:

Abstract Views - 19

PDF Downloads - 6



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ani Purwantini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2022 Ani Purwantini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :