Fanatisme Budaya Hypebeast di Kalangan Anak Muda Jakarta

Andre Ikhsano, Febri Irawan, Yolanda Stellarosa

Abstract


Perkembangan globalisasi yang massif menyebabkan maraknya budaya populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Budaya Populer merupakan salah satu tahapan dari globalisasi. Perkembangan teknologi budaya yang sudah ada turun termurun, sekarang mulai bergeser karena adanya budaya populer berupa hypebeast di kalangan anak muda; sehingga sangat kental dengan consumer society ala Jean Baudrillard berupa mengangungan simbol, status, prestige dari penampilan anak muda ketimbang nilai guna dari barang tersebut. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis dengan pendekatan kualitatif dan dengan pengumpulan data berupa wawancara dengan empat narasumber sebagai data primer. Hasil penelitian menunjukkan, anak muda Jakarta lebih mengkonsumsi tanda atau simbol pada citra suatu brand dan juga lebih mementingkan status sosial daripada nilai guna suatu barang yang sangat relevan dengan pemikiran Jean Baudrillard. Namun, sebagai bentuk novelty, peneliti menemukan bahwa ada unsur investasi yang muncul pada proses konsumsi tanda tersebut, walaupun nilai investasi ini masih kalah dengan kepentingan status.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2017). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology. 3(3). 131-140 doi: 10.22146/gamajop.44104

Baudrillard, J. (2015). Simulacra and Simulation. (S. F. Glaser, Trans.) Michigan: The University of Michigan Press.

Baudrillard, J. (2017). The Consumer Society (Published in association with Theory, Culture & Society). London: SAGE Publications.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2017). The SAGE Handbook of Qualitative Research. California: SAGE Publications, Inc.

Dhani, A. (2017, Agustus 20). Bagaimana Streetwear menjadi Barang Mewah. Tirto Gaya Hidup. Retrieved from https://tirto.id/bagaimana-streetwear-menjadi-barang-mewah-cuSJ

Hamid, F. (2012). Media dan Budaya Populer. Komunika, 15(1). Retrieved from http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_537711131678.pdf

Hidayatulloh, T. (2018). Hypebeast: Gaya Super Mahal Anak Kekinian. Retrieved from https://akurat.co/hypebeast-gaya-super-mahal-anak-kekinian

Ikhsano, A. (2020). Melawan Hegemoni Perfilman Hollywood. Tangerang: Indigo media.

Ikhsano, A., & Stellarosa, Y. (2020). Restrictions on Some Western Songs: A Counter Hegemony Effort by the West Java Regional Indonesian Broadcasting Commission. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, Vol. 5 (2), 2020, 135-143. http://dx.doi.org/10.25008/jkiski.v5i2.380.

Putra, D.H.A. (2018). Hypebeast: Sejuta Akal demi Gaya Mahal. Retrieved from https://kumparan.com/millennial/hypebeast-sejuta-akal-demi-gaya-mahal-1542942478275974121/full

Leavy, P., & Bieniek, A. M. (2014). Gender & Pop Culture: A Text-reader. Rotterdam: Sense Publishers.

Muhammad, F. (2019). Tren Street Wear, Tak Sekadar Gaya Busana Ratusan Juta Rupiah. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20190428192028-33-69296/tren-street-wear-tak-sekadar-gaya-busana-ratusan-juta-rupiah.

Musdalifah, F. S. (2021) Consumerism on Clubhouse Exclusivity from Jean Baudrillard’s Perspective. Jurnal Warta Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi, Vol. 4 (01), 2021, 81-88, https://doi.org/10.25008/wartaiski.v4i1.111.

Nabilarsl. (2019). Geliat Hypebeast di Lingkup Anak Muda yang Menaikkan Derajat Pakaian Sehari-hari. Hipwee. Retrieved from https://www.hipwee.com/narasi/geliat-hypebeast-di-lingkup-anak-muda-yang-menaikkan-derajat-pakaian-sehari-hari/

Pawanti, M. H. (2013). Masyarakat Konsumeris Menurut Konsep Pemikiran jean Bpudrillard. Retrieved from http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20351974-MK-Mutia%20Hastiti%20Pawanti.pdf

Utami, F.A. (2020). Ini Asal Usul dan Rahasia di Balik Mahalnya Merek 'Supreme'. Retrieved from https://www.wartaekonomi.co.id/read273413/ini-asal-usul-dan-rahasia-di-balik-mahalnya-merek-supreme#:~:text=Salah%20satu%20rahasia%20dari%20suksesnya,membuat%20produk%20Supreme%20terkenal%20eksklusif.&text=Supreme%20bermula%20dari%20sebuah%20toko,kini%20berubah%20menjadi%20ikon%20global.

Sangadji, E. M. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi Offset.

Sarup, M. (2011). Panduan Pengantar Untuk Memahami Postrukturalisme Dan Posmodernisme. Yogyakarta: Jalasutra.

Stellarosa, Y. (2020). Kecanduan Belanja: Budaya Konsumerisme dalam Teks. Tangerang: Indigo Media.

Stellarosa, Y., & Ikhsano, A. (2015). Media and The Shaping of Consumer Society in Jakarta. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 221. doi:https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.053

Stockx. (2018). Supreme Waist Bag (SS18) Black. Retrieved from https://stockx.com/supreme-waist-bag-ss18-black

Stockx. (n.d.). Supreme Scarface Split Tee Black. Retrieved from: https://stockx.com/supreme-scarface-split-tee-black

Tokopedia. (n.d.). Supreme x Louis Vuitton Monogram Scarf Brown. Retrieved from https://www.tokopedia.com/vaksow/supreme-x-louis-vuitton-monogram-scarf-brown.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v4i2.124





Article Metrics:

Abstract Views - 36

PDF Downloads - 37



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andre Ikhsano, Febri Irawan, Yolanda Stellarosa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2021 Andre Ikhsano, Febri Irawan, Yolanda Stellarosa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :